Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenperin Upayakan Devisa dari Sektor Kelapa Sawit Bertahan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Maret 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan bahwa Kemenperin mengupayakan agar devisa hasil ekspor dari sektor sawit ada di Indonesia dalam jangka waktu tertentu sehingga bisa digunakan untuk pengembangan teknologi sampai komersialisasi.

"Upaya lain yang dilakukan Kemenperin adalah dengan mengeluarkan SNI atau Standar Nasional Indonesia untuk CPO dan minyak goreng sawit," kata Putu dalam rilis yang dikirim Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Kamis, 23 Maret 2023.

Ada permintaan SNI edible mesocarp, lanjutnya, serta masih banyak yang bisa dikembangkan dari sawit.

"Industri yang berkembang perlu SDM unggul. Kemenperin juga sudah mengeluar Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI mulai dari operator sampai manajer untuk industri minyak mentah sawit, minyak goreng sawit, oleokimia dan biodiesel," tuturnya.

Lembaga pendidikan di bawah Kemenperin menurut Putu sudah mendapat akreditasi untuk jadi lembaga sertifikasi profesi SKKNI tersebut.

"Dengan kebutuhan tiap tahun 1.000 orang tenaga kerja di pengolahan sawit, Kemenperin juga minta beasiswa BPDPKS untuk mahasiswa di lembaga pendidikan Kemenperin," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru