Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prioritas Pembangunan Harus Efesiensi dan Efektif

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 23 Maret 2023 - 22:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menekankan kepala seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam merencanakan dan merumuskan prioritas pembangunan harus memperhitungkan aspek efesiensi dan efektif.

"Hal ini bertujuan agar pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebagai upaya pemerintah dalam sinkronisasi prioritas kegiatan,” katanya.

Ia menuturkan, sebagai tindak lanjut dari musrenbang tingkat kecamatan yang sebelumnya dilaksanakan untuk kemudian melaksanakan RKPD guna menetapkan prioritas kegiatan yang dimuat dalam rencana kerja perangkat daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah.

Di mana setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan atau stakeholder.Yang dimulai pada forum musyawarah perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kecamatan.

Hingga berlanjut pada musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kabupaten atau Musrenbang RKPD tersebut.Sehingga perencanaan tahun 2024 berpedoman pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) periode 2024-2026.

“Dengan tema pembangunan infrastruktur pelayanan publik dalam mendukung tata kelola pemerintahan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.Selalu berkoodinasi, sinkronisasi dan terintegritas dan hindari ego sektoral dalam penyusunan perencanaan,” ujarnya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini juga berharap proses perencanaan dan penganggaran menerapkan prinsip pendekatan anggaran yang lebih fokus pada program atau kegiatan yang berkaitan langsung pada prioritas daerah serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat.

"Hasil dari pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diharapkan bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD yang nantinya menjadi acuan dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2024 mendatang, dengan program pembangunan harus benar-benar bersifat prioritas nasional dan daerah serta memberikan dampak langsung ke masyarakat," tandasnya. (ahm)


TAGS:

Berita Terbaru