Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpanjangan Runway Bandara Haji Asan Sampit Dianggarkan Rp 50 Miliar

  • Oleh Noor Annisa
  • 24 Maret 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perpanjangan runway atau landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dianggarkan sebesar Rp 50 milar lebih, menggunakan dana APBN yang rencananya akan direalisasikan pada 2024 mendatang.

Menjadi perhatian serius pemerintah daerah terkait minimnya maskapai penerbangan, jadwal penerbangan yang tak menentu, rute yang sedikit, serta mahalnya tiket, sehingga membuat masyarakat Kotim memilih berangkat lewat Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya atau Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

"Perlu adanya penambahan angkutan udara supaya bisa mengimbangi mahalnya harga tiket, itu yang sedang diusahakan," kata Bupati Kotim, Halikinnor Jumat, 24 Maret 2023.

Pada Musrenbang rancangan RKPD baru-baru ini dipaparkan rincian program pada sektor transportasi udara tersebut. Adapun rincian kegiatan yakni pekerjaan pelapisan runway, turning area, taxiway dan apron termasuk marking yang dianggarkan Rp 28 miliar lebih dan perpanjangan runway dari 2.060 meter menjadi 2.500 meter yang dianggarkan sebesar Rp 25 miliar lebih.

Keinginan pemerintah Kotim untuk memperpanjang runway sudah lama digaungkan. Bahkan Halikin menginginkan runway diperpanjang 500 meter lagi agar pesawat-pesawat berbobot besar bisa mendarat di Kotim.

Sebelumnya, Halikin sempat berujar jika pemerintah pusat belum juga mengganggarkan dana untuk perpanjangan runway maka ada kemungkinan perpanjangan runway akan dilakukan dengan menggunakan APBD.

"Bagaimana agar bandara kita bisa berkembang seperti kabupaten lain karena kalau dibiarkan bisa mati,"pungkasnya. (NOOR ANNISA/H)

Berita Terbaru