Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

T-POM Jadi Tempat Pabrik Kelapa Sawit Update Teknologi Terbaru

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perkumpulan Praktisi Profesional Perkebunan Indonesia atau P3PI Bidang PKS, Posma Sinurat mengatakan bahwa penyelenggaraan Technology & Talent Palm Oil Conference and Exhibition atau T-POM diharapkan dapat menjadi tempat pabrik kelapa sawit atau PKS mengupdate teknologi terbaru.

"T-POM ini akan diadakan rutin setiap tahun dan menjadi tempat bagi pelaku PKS untuk selalu update dengan teknologi terbaru, kemampuan SDM semakin meningkat sehingga industri kelapa sawit tetap kompetitif," kata Posma dalam rilis yang dikirim Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Contohnya, lanjut Posma, pengelola PKS nanti tidak hanya akan berkutat pada OER saja tetapi juga bagaimana menjaga supaya emisi gas rumah kaca rendah.

Sebelumnya, Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika ketika membuka T-POM menyatakan pemerintah sangat mendukung upaya pengembangan teknologi dan pengembangan SDM.

"Karena itu T-POM merupakan acara yang sangat penting dan strategis bagi Kemenperin," kata Putu.

Menurut Putu, Indonesia dengan minyak kelapa sawit saat ini sudah memproduksi dan mencukupi sebagian besar kebutuhan global lemak dan minyak nabati dunia.

"Produksi CPO dan PKO 51,2 juta ton tahun 2022, ekspor bahan baku kecil sekali hanya 7,52 persen sedang sisanya 92,5 persen sudah merupakan produk olahan. Apresiasi setinggi-tingginya pada pelaku usaha sawit,” kata Putu.

Dengan nilai ekspor Rp500 triliun dan perdagangan dalam negeri Rp250 triliun, lanjutnya, ini merupakan bisnis sangat besar bagi perekonomian negara.

"Teknologi PKS sudah 100 tahun tidak berubah dan terima apa adanya dengan titik berat hanya memproduksi lemak. Sekarang kondisi sudah berubah, bukan hanya untuk pangan saja tetapi untuk bahan bakar masa depan, baik untuk green biodiesel, green avtur, green gasoline yang bisa langsung digunakan menggantikan bahan bakar fosil," bebernya. TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru