Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Dapil IV Ikut Panen Bersama Padi Ladang Varietas Talun Koyem

  • Oleh Ramadani
  • 25 Maret 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut), bersama kelompok tani (Poktan) Matingkun Lemai, Desa Sabuh, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara melaksanakan panen bersama padi ladang Talun Koyem, di lahan satu hektar milik poktan Matingkun Lemai di Desa Sabuh. 

Dalam panen bersama itu, juga dihadiri anggota DPRD Barito Utara Hj Nety Herawati dari daerah pemilihan (Dapil) IV Barito Utara.

Hj Netty Herawati mengapreasiasi apa yang telah dilakukan oleh kelompok tani (Poktan) Matingkun Lemai Desa Sabuh ini. Di lahan satu hektar bisa menanam padi ladang varietas Talun Mayang atau yang dikenal dengan Talun Koyem. 

“Panen padi ladang Talun Koyem ini, mampu berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan hidup warga masyarakat yang ada di sekitarnya dan terkhusus di Desa Sabuh,” kata Hj Netty Herawati, Sabtu, 25 Maret 2023.

Dikatakan Hj Netty, seperti apa yang disampaikan Sekdis Pertanian bahwa meskipun provitas agak berbeda dengan padi sawah, namun padi ladang varietas talun Koyem ini bisa terus dikembangkan di lahan para petani ladang.

“Mudah-mudahan panen padi ladang yang kita kembangkan di daerah ini mampu panen provitasnya mencapai 5 ton per hektar,” katanya.

Dirinya juga berharap para petani lainya mampu menanam padi ladang yang cukup menjanjikan hasilnya. “Dan biasanya padi ladang apabila dibawa ke pasar, biasa akan berebut orang akan membelinya, hasil padi ladang berupa talun Koyem, atau talun lainnya.

Lebih lanjut Hj Netty Herawati mengatakan bahwa saat ini Beras Talun Koyem Batara sudah mengajukan permohonan pendaftaran dan pencatatannya di Kemenkum HAM Kanwil Provinsi Kalteng. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru