Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Hujan, BLUD Puskesmas Pahandut Ingatkan 3M

  • Oleh Pathur Rahman
  • 26 Maret 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akhir-akhir ini cuaca di Kota Palangka Raya sering terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama pada sore hari hingga malam hari.

Terkait fenomena alam tersebut, Kepala BLUD Puskesmas Pahandut Ridwan mengingatkan pentingnya 3M (menutup, menguras, dan mengubur) kepada masyarakat Kecamatan Pahandut.

Masyarakat diminta agar menutup bak penampungan air. Menguras bak mandi, tandon, dan tempat penyimpanan air lainnya, tempat minum peliharaan, seperti tempat minum burung, ayam, hingga kucing. Serta mengubur barang-barang bekas atau tidak terpakai seperti botol dan kaleng.

"Bagaimana bila di sekitar rumah ternyata air semua seperti di daerah Jalan Kalimantan kan tidak bisa mengubur sampah, maka solusinya sampah seperti botol dan kaleng di kumpulkan kemudian di tukarkan ke bank sampah terdekat," katanya, Minggu, 26 Maret 2023.

Hal tersebut dilakukan demi kewaspada dengan adanya ancaman nyamuk Dengan Berdarah Dengue (DBD), yang bisa menyerang kesehatan masyarakat kapan saja dimana saja.

"Selain rutin melakukan 3M, tentunya masyarakat Kota Palangka Raya diharapkan aktif melakukan kerja bakti membersihkan saluran air yang sangat rentan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru