Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Samuja dan RGB-33 Evakuasi Mobil Terbalik di Desa Lenggang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Maret 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan BPK Samuja dan RGB-33 Ampah mengevakuasi semua mobil Toyota Rush yang mengalami kecelakaan tunggal dan terbalik di jalan provinsi Desa Lenggang Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur, Minggu, 26 Maret 2022.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun salah satu penumpang mengalami luka pada bibir serta bodi mobil rusak hingga 45 persen.

"Toyota Rush itu dalam perjalanan dari Muara Teweh (Kabupaten Barito Utara) menuju Kota Palangka Raya, mungkin supirnya mengantuk sehingga mobilnya oleng dan terbalik," ungkap Wakil Ketua BPK Samuja Davi Pramana, saat dikonfirmasi.

Dia menambahkan, korban luka langsung diobati di lokasi kecelakaan oleh relawan RGB-33 yang membawa peralatan medis karena korban tidak mau dibawa ke rumah sakit.

Sedangkan Toyota Rush tersebut dievakuasi menggunakan mobil tanki pemadam kebakaran karena mobil milik BPK Samuja yang biasa digunakan untuk evakuasi saat ini sedang dalam perbaikan.

"Akibat kerusakan yang cukup parah mobil itu tidak bisa melanjutkan perjalanan, jadi harus diangkut menggunakan mobil towing," jelas Davi.

Pada kesempatan itu dia juga mengungkapkan bahwa saat ini BPK Samuja sedang memodifikasi mobil operasional Ford Ranger menjadi unit tanggap darurat kebencanaan dan unit reaksi cepat yang dilengkapi dengan berbagai peralatan.

Hal ini dilakukan karena seringnya terjadi kecelakaan lalulintas berupa mobil yang terguling serta meningkatnya permintaan bantuan dari masyarakat yang mengalami musibah.

"Jadi di dalam unit ini nanti semua peralatan wins derek, alat cacah beton, alat potong kayu, penerangan maupun vertical rescue ada semua," papar Davi.

Modifikasi tersebut lanjut Davi, akan menghabiskan biaya sebesar Rp20 juta. Karena itu dia memohon dukungan masyarakat terutama dalam bentuk donasi karena apa yang dilakukan BPK Samuja tersebut semuanya bertujuan untuk membantu masyarakat.

"Mohon dukungan dan doanya semoga bisa cepat rampung agar bisa mengaspal di Barito Timur dengan misi kemanusiaan kita mengubah unit operasional kita menjadi benar-benar unit rescue seutuhnya melihat ada peningkatan permintaan setiap tahun dari animal rescue, lakalantas mobil yang terguling maupun korban terjepit," tandasnya. (BOLE MALO/R)

Berita Terbaru