Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Kelapa Sawit Salah Satu Penyumbang Penerimaan Negara Terbesar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Maret 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sektor kelapa sawit merupakan salah satu sektor penyumbang penerimaan negara terbesar di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu hal yang digaungkan dalam Kegiatan Focus Group Discussion Pembentukan Sawit Learning Center oleh Kemenkeu Satu Riau yang dilaksanakan di Aula Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, 20 Maret 2023.

"Sektor kelapa sawit merupakan salah satu sektor penyumbang penerimaan negara terbesar di Indonesia, hal ini tidak terbantahkan," kata Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah Koperasi, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS Helmi Muhansyah dalam rilisnya kepada Borneonews pada Senin, 27 Maret 2023.

Menurut Helmi, hal ini terkonfirmasi dengan luasnya perkebunan kelapa sawit di Indonesia, termasuk yang ada di Riau.

"Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, dengan luas perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia Riau memiliki produksi minyak sawit terbesar pula," tutur Helmi lagi.

Karena itu tidak heran menurut Helmi juka Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Pekanbaru menginisiasi pembentukan Sawit Learning Center yang disingkat WINNER sebagai program bersama Kemenkeu Satu Riau guna mendukung optimalisasi penerimaan negara dari sektor sawit yang menjadi kekhasan Riau.

"Learning Center merupakan program bersama Kemenkeu Satu Riau guna mendukung optimalisasi penerimaan negara dari sektor sawit yang menjadi kekhasan Riau," tegasnya.

Dalam kegiatan ini hadir oleh Pegawai Perwakilan Kementerian Keuangan di Wilayah Riau baik secara daring maupun luring.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama sharing session dan dilanjutkan dengan FGD kelompok Sawit Learning Center. Narasumber kegiatan ini antara lain Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah, Penelaah Keberatan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak atau DJP Riau Suyadi, KPPBC Riau M Zulfikar serta Perwakilan Balai Diklat Keuangan atau BDK Riau Dian Ardi. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru