Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadishub Palangka Raya Bagikan Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

  • Oleh Hendri
  • 28 Maret 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama sepekan ini Kota Palangka Raya terus diguyur hujan dengan intensitas lebat, sehingga menyebabkan jalanan di wilayah setempat basah dan licin. Hal ini tentunya menyebabkan arus lalu lintas berbahaya.

Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko kecelakaan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan membagikan tips aman berkendara saat musim hujan yang perlu diketahui oleh warga Kota Cantik.

"Tipsnya untuk pemotor adalah menggunakan helm SNI, memakai jas hujan, memeriksa kondisi ban kendaraan, mengurangi kecepatan, tidak menerobos genangan air, menyalakan lampu kendaraan dan menjaga jarak," katanya, Selasa, 28 Maret 2023.

Sementara itu bagi pengguna mobil atau kendaraan roda empat ia mengingatkan agar mewaspadai aquaplaning, atau situasi saat ban tidak menyentuh permukaan jalan karena melintasi genangan air.

"Ketika berkendara saat turun hujan, yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan, pindah ke lajur lambat dan amati kondisi sekitar," ujarnya.

Kemudian saat melewati genangan air, antisipasinya adalah mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus dan tidak mengalami selip.

Ia menjelaskan apabila terjadi ban selip, coba rasakan hal tersebut terjadi pada roda depan atau belakang. Apabila selip dari roda depan (understeer) dan mobil mengarah ke kiri atau kanan, segera lawan arah kemudi secara halus ke arah tujuan, untuk mengurangi gejala understeer.

Sedangkan apabila selip terjadi pada roda belakang alias oversteer, segera putar setir sesuai arah mobil melaju dan jangan melakukan banting setir karena bisa membuat mobil berputar pada porosnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru