Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akan Direlokasi, Warga Puntun Sepakat Bongkar Sendiri Hunian Lama

  • Oleh Hendri
  • 29 Maret 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah warga Jalan Rindang Banua atau kawasan puntun menandatangani surat pernyataan persetujuan untuk direlokasi. Salah satu poinnya adalah bersedia membongkar sendiri bekas hunian lama yang sekarang ditempati.

"Ada beberapa poin dalam surat itu, seperti ukuran tanah 10x20 meter dan kesediaan membongkar sendiri bangunan lama serta mengikuti program konsolidasi," kata Camat Pahandut, Berlianto setelah meneken surat bersama warga puntun, Selasa, 28 Maret 2023.

Relokasi ini dilaksanakan tahun 2024 dan setelah dicek ke lapangan ada 3 RT masuk dalam denah alokasi DAK Tematik Terintegrasi, yakni RT 25, 26 dan RT 27.

Pada rapat sebelumnya warga sempat usulkan tanah yang akan ditempati nantinya bisa diberikan dengan luas 20X40 Meter dengan harapan hunian baru nantinya tidak menjadi kawasan kumuh selanjutnya.

Permintaan soal ukuran tanah ini memiliki landasan masuk akal, karena kawasan yang akan dijadikan permukiman baru yakni kawasan Parsiang memiliki lahan yang sangat luas.

Meski begitu akhirnya warga setuju dengan program pemerintah tersebut, karena wacana relokasi juga muncul atas permintaan warga setempat. Mereka sangat ingin memiliki hunian layak, bebas kumuh, bebas banjir dan tanpa menyewa tanah untuk tempat tinggal. (HENDRI/J)

Berita Terbaru