Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Ajak Masyarakat Terus Lestarikan Budaya Daerah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Maret 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan eksistansi budaya daerah atau budaya yang ada di wilayah itu. Pasalnya, era digitalisasi dapat menggerus budaya daerah yang ada. Padahal budaya daerah dapat berpotensi menjadi wadah pariwisata baru.

“Budaya daerah ini harus dilestarikan. Karena jika tidak, itu bisa hilang. Apalagi di era digitalisasi sekarang. Kita contoh Bali, budaya mereka bisa tetap dilestarikan dan bahkan menjadi nilai jual dibidang pariwisata,” ungkap Hendra di Nanga Bulik, Rabu, 29 Maret 2023.

Dirinya mengatakan, negara-negara maju bahkan masih terasa budaya lokal yang sangat kental. Hal tersebut perlu dicontoh. Karena meskipun sudah memasuki zaman modern, akan tetapi tetap mempertahankan budaya yang sekarang menjadi ciri khas mereka.

“Kita lihat negara maju seperti China, Jepang dan Korea. Budaya mereka kental sekali bahkan sudah menjadi ciri khas mereka. Kita juga harus mencontoh itu,” ujarnya.

Menurutnya, budaya merupakan jati diri sebuah daerah. Sehingga dengan adanya budaya lokal tersebut apalagi terdapat budaya yang unik, dapat menarik perhatian orang luar untuk mencari tahu tentang suatu wilayah yang memiliki keunikan budaya tersebut.

“Silakan saja ikuti perkembangan zaman. Tapi budaya jangan ditinggalkan karena ini jati diri kita. Semakin banyak dikenal budaya kita, semakin banyak orang yang akan datang ketempat kita,” sebutnya.

Ditambahkan Hendra, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau akan terus mendukung kegiatan budaya lokal. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengenalkan budaya daerah Bumi Bahaum Bakuba ke orang luar dan serta menarik generasi muda untuk bisa kelestarikan budaya yang ada. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru