Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kalteng Sosialisasi Alokasi Kursi DPRD untuk Pemilu 2024

  • Oleh ANTARA
  • 29 Maret 2023 - 09:13 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah menyosialisasikan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD pada Pemilu 2024.

"Sesuai ketentuan hari ini kita melakukan sosialisasi daerah pemilihan dan alokasi kursi Pemilu 2024," kata Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, Selasa 28 Maret 2023.

Sosialisasi yang salah satunya didasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 ini diikuti oleh sejumlah pengurus dan anggota partai politik, unsur pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta kalangan akademisi.

"Penataan daerah pemilihan dan alokasi yang saat ini telah ditetapkan telah melewati masa pengumuman dan tanggapan masyarakat. Selain itu juga telah dilakukan pencermatan kembali hingga akhirnya ditetapkan KPU RI," katanya.

Sementara Komisioner KPU Kalteng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Eko Wahyu Sulistiobudi mengatakan untuk Provinsi Kalteng ada 45 alokasi kursi di DPRD.

"Alokasi 45 kursi DPRD Kalteng ini terbagi pada pemilihan daerah. Tersebar di 13 kabupaten dan satu kota. Sementara jumlah pemilihnya sebanyak 2.672.790 jiwa," katanya.

Di Dapil Kalteng I ada 10 kursi meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya. Kemudian Dapil Kalteng II sebanyak 10 kursi meliputi Kotawaringin Timur dan Seruyan.

Kemudian Dapil Kalteng III sebanyak 7 kursi meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara dan Kabupaten Lamandau. Dapil Kalteng IV dengan 9 kursi terdiri dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Murung Raya dan Barito Timur. Terakhir Dapil V sebanyak 9 kursi terdiri dari Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

ANTARA

Berita Terbaru