Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Desain Hunian Baru Warga Rindang Banua Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 29 Maret 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Desain hunian baru yang akan ditempati warga Rindang Banua ditampilkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palangka Raya.

Terlihat dalam desain itu rumah tinggal yang akan dibangun di kawasan Danau Parsiang menggunakan material kayu tipe 36 dengan luas tanah 10x20 Meter.

"Desain rumah panggung memang tetap dipertahankan sebagai ciri khas hunian warga setempat. Namun tidak kumuh dan lebih rapi tertata," kata Kepala Bappedalitbang Palangka Raya, Harry Maihadi, Rabu, 29 Maret 2023.

Pemindahan warga dari permukiman kumuh itu akan dilaksanakan tahun 2024. Tahun ini pemerintah kota melengkapi berkas-berkas untuk diusulkan ke Pemerintah Pusat.

"Relokasi ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik Terintegrasi sumbernya APBN berkolaborasi dengan APBD," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah warga Jalan Rindang Banua atau kawasan puntun telah menandatangani surat pernyataan persetujuan untuk direlokasi ke kawasan Parsiang dengan skema konsolidasi.

Wacana relokasi juga muncul atas permintaan warga setempat. Mereka sangat ingin memiliki hunian layak, bebas kumuh, bebas banjir dan tanpa menyewa tanah untuk tempat tinggal. (HENDRI/J)

Berita Terbaru