Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesehatan Ternak di Kalteng Perlu Terus Diawasi

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Maret 2023 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan kesehatan ternak yang ada di wilayah Kalteng ini perlu terus diawasi oleh pemda melalui instansi terkait.

Pasalnya, penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak masih belum dinyatakan berakhir dan kemungkinan hal itu masih ada, sehingga pengawasan harus dilakukan secara ketat.

"Terutama yang perlu diawasi yakni masuknya hewan ternak dari luar provinsi ke wilayah Kalteng, hal ini harus dilakukan supaya hewan ternak yang masuk ke Kalteng dipastikan aman dan sehat," ucapnya, Rabu, 29 Maret 2023.

Dirinya mengungkapkan, saat ini sudah banyak masyarakat atau pengusaha yang sudah memesan hewan ternak terutama sapi untuk diperjual belikan di wilayah Kalteng, sebab sehabis Ramadan ini nantinya ada hari besar keagamaan lain yakni hari raya haji.

Maka dari itu, baik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) bersama Satgas PMK supaya dapat saling berkoordinasi serta meningkatkan sinergi untuk melakukan pengawasan terhadap keluar masuknya hewan ternak terutama sapi dan unggas.

Menurutnya, apabila pemerintah lalai dalam mengawasi hal tersebut maka bisa dipastikan Kalteng akan menjadi zona merah penyebaran PMK, sehingga hal ini harus dapat dihindari dengan melakukan pengawasan secara ketat, menyeluruh serta berkesinambungan.

"Apabila menemukan pedagang nakal yang diam-diam mengambil sapi dari luar daerah tanpa dokumen kesehatan harus ditindak tegas. Kalau memang ingin mengambil hewan ternak dari luar harus dari daerah yang benar-benar aman kasus PMK," tegasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru