Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paju Epat Kendalikan Penyakit Cabai pada Kelompok Tani Sabar Subur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Maret 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Paju Epat Kabupaten Barito Timur saat ini sedang melakukan pengendalian penyakit hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai milik Kelompok Tani Sabar Subur di Desa Siong.

"Jenis penyakit yang menyerang cabai pada kelompok tani ini adalah busuk buah (Antraknosa) atau Patek," ungkap Kooordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim, Rabu, 29 Maret 2023.

Dia menerangkan, Patek adalah penyakit utama yang menyebabkan kerugian secara ekonomi bagi sebagian besar petani cabai. Penyakit ini juga merupakan penyakit penting di daerah tropis maupun subtropis.

"Patek disebabkan oleh cendawan Colletotrichum Capsici, penyakit ini dapat berkembang pesat pada kondisi kelembaban yang relatif tinggi seperti yang dialami Pak Sayudi," ungkap Lukman.

Dia menerangkan, Sayudi yang merupakan anggota Kelompok Tani Sabar Subur mengembangkan tanaman cabai varietas kaliber dan roket di lahan seluas 0,25 hektare.

"Kita melakukan pengendalian Patek menggunakan fungisida dan insektisida sesuai dengan ambang batas pengendalian hama dan penyakit," jelas Lukman.

Sesuai data Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, cabai termasuk dalam 10 komoditas pangan strategis yang terus dipantau ketersediaannya karena menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu.

Saat ini kebutuhan cabai di Kalimantan Tengah cukup tinggi dan sebagian besar masih dipasok dari Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai contoh, Pasar Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur saja dalam seminggu membutuhkan 10 ton cabai. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru