Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalteng Raih Juara 1 Festival Sedaya di Yogyakarta

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 Maret 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalimantan Tengah berhasil meraih juara 1 stand pameran Festival Seni Budayadaya Atma (Sedaya) 3.0.

Mengusung tema babukung, stand pameran ini unggul dari 10 peserta lainnya dalam Festival Sedaya yang digelar di Universitas Atmajaya Jogjakarta, 25 Maret 2023.

"Kami menampilkan ornamen topeng bukung," kata Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Kalteng Yogyakarta, Tovan Dwi Pratama, Kamis, 30 Maret 2023.

Adapun topeng Bukung dipilih menjadi tema stand pameran karena merupakan salah satu budaya adat Kalteng khususnya di Lamandau.

Berbagai kerajinan khas Kalteng pun turut dipamerkan mulai dari kain batik motif Kalteng, patung sapundu, tameng miniatur Huma Betang dan kerajinan tas rotan. Tak luput dari pameran tersebut alat musik kecapi dan ketambung juga diperkenalkan.

Tovan menuturkan, keikutsertaan ini merupakan upaya memperkenalkan budaya Kalimantan Tengah di luar daerah. Kekayaan budaya harus tetap dijunjung tinggi, khususnya bagi pemuda, meskipun berada di luar daerah.

"Semoga prestasi seperti ini bisa kami pertahankan dan mendapat perhatian dari Pemprov Kalteng terkait aset-aset budaya Kalteng di Yogyakarta. Juga, karena ini dalam ruang lingkup promosi budaya, kami sangat berharap bisa mengadakan event serupa bahkan dalam skala besar yg didukung oleh pemprov kalteng dalam rangka utk promosi budaya dan pariwisata di kota Yogyakarta," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru