Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Laksamana TNI Yudo Margono Dapat Gelar Kehormatan Adat Dayak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Maret 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng memberikan gelar kehormatan adat dayak untuk Laksamana TNI Yudo Margono saat kedatangannya ke Palangka Raya, Kamis 30 Maret 2023.

“Saya H Agustiar Sabran selaku Ketua Umum DAD Kalteng dengan ini memberi gelar kehormatan kepada Laksamana Yudo Margono selaku Panglima TNI dengan gelar Mantir Hai Panambahan,“ kata Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran.

Gelar lengkap dari adat Dayak adalah Mantir Hai Panambahan, Antang Randan Karambang Pulau Marendeh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai, Tisan Nyaruntai Paluru Barantai, Tisan Mandui Asep Sandawa Laut.

Memiliki arti warga kehormatan masyarakat adat Dayak, seorang yang gagah berani, disegani arif bijaksana, ahli strategi mampu menjaga pertahanan dan keamanan serta keutuhan NKRI.

Seperti diketahui ada dua gelar adat yang bisa diberikan oleh warga Dayak. Pertama adalah gelar adat Dayak yang diberikan untuk tokoh-tokoh adat Dayak yang sudah memiliki sumbangsih terhadap warga adat dayak.

Kedua adalah gelar kehormatan adat Dayak yang diberikan ke tokoh-tokoh nasional yang pada saatnya bisa membantu memberikan kontribusi kepada masyarakat adat Dayak Kalteng.

Terutama dalam rangka pemberdayaan masyarakat adat dan pelestarian masyarakat adat Dayak Kalteng. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru