Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Moeldoko Minta Garuda Nusantara Tak Merasa Gagal Batal Main di PD U-20

  • Oleh ANTARA
  • 31 Maret 2023 - 04:00 WIB


BORNEONEWS, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko menyampaikan pesan kepada para pemain Tim Nasional U-20 Indonesia agar tidak merasa gagal setelah batal bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Skuad berjuluk Garuda Nusantara itu batal manggung di Piala Dunia U-20 2023 setelah hak Indonesia tampil sebagai tuan rumah dicabut menyusul pengumuman FIFA pada Rabu (29/3) malam.

"Jangan karena gagal main Piala Dunia (U-20) kalian merasa gagal, jangan. Hidup selalu begitu, ya, ada manis dan ada pahit, seperti biasa itu," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis 30 Maret 2023.

Moeldoko juga mengimbau para pemain agar tidak larut dalam kekecewaan, meskipun seluruh persiapan yang mereka lakukan untuk tampil di Piala Dunia U-20 runtuh begitu saja.

"Khususnya Garuda Nusantara, untuk menghadapi situasi ini jangan kecewa. Karena kita tahu semuanya Anda telah disiapkan cukup lama untuk menghadapi ini dan pada akhirnya mungkin situasinya tidak seperti yang diharapkan," ujarnya.

Moeldoko bahkan menyampaikan pesan khusus kepada kapten Timnas U-20 Marselino Ferdinan yang saat ini tengah meniti karier di klub divisi dua Belgia, KMSK Deinze.

Moeldoko berharap Marselino terus berjuang di Eropa dan menghadirkan kebanggaan bagi Indonesia.

"Ini penting, karena dia saat ini berada di Eropa, dan hebatnya lagi dia kapten di sana. Ini membawa kebanggaan bagi kita semuanya," ujarnya.

Moeldoko tentu merujuk pada status Marselino sebagai kapten di Timnas U-20 dan bukannya kapten di KMSK Deine.

FIFA memutuskan mencoret Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 per Rabu (29/3) malam tadi.

FIFA hanya menyebut kondisi terkini di Indonesia sebagai alasan keputusan itu, yang diambil selepas pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Pengumuman FIFA muncul selepas gelombang penolakan kedatangan Timnas Israel U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia oleh sejumlah kepala daerah.

Pencabutan status tuan rumah praktis juga membuat Indonesia tak lagi berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023, lantaran gagal memperoleh tiket via jalur kualifikasi reguler setelah tak mampu mencapai empat besar Piala Asia U-20 2023.

Sejumlah pemain Timnas U-20 Indonesia menyuarakan kekecewaan mereka di media sosial masing-masing atas keputusan FIFA tersebut.

ANTARA


TAGS:

Berita Terbaru