Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Buka Bimtek Pembinaan Manajemen Risiko 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Maret 2023 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar, membuka bimbingan teknis atau bimtek penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP dan pembinaan pengelolaan manajemen risiko tahun 2023, Kamis, 30 Maret 2023.

Pembukaan kegiatan yang akan berlangsung dua hari itu juga dihadiri oleh para kepala perangkat daerah.

Saat membacakan sambutan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Panahan Moetar menyampaikan, bimtek tersebut merupakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP dan Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014, tentang peningkatan kualitas SPIP dan keandalan penyelenggaraan fungsi pengawasan intern dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Penilaian mandiri maturitas SPIP dan pembinaan pengelolaan manajemen risiko tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengendalian intern dan keandalan penyelenggaraan fungsi pengawasan intern," ucapnya.

Maturitas penyelenggaraan SPIP, lanjut Sekda, adalah tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian lingkungan yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif, serta mencegah terjadinya pengabaian pelayanan kepada mitra kerja, pihak lain dan pejabat.

Menurutnya, Bupati Barito Timur berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan nilai maturitas SPIP tahun 2023 pada Pemkab Barito Timur.

Ia juga mengajak seluruh peserta kegiatan untuk aktif berpartisipasi dalam pembinaan pengelolaan manajemen risiko, sehingga dapat membantu mewujudkan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Barito Timur.

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Pemkab Barito Timur dalam meningkatkan kualitas pengendalian intern dan keandalan penyelenggaraan fungsi pengawasan intern, serta membantu mencapai tujuan mewujudkan kesejahteraan rakyat," tandas Panahan. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru