Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Tampung Tawar Prajurit TNI Berangkat ke Papua

  • Oleh Hendri
  • 31 Maret 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran melakukan tradisi tampung tawar kepada prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Obyek Vital Nasional (Pam-Obvitnas) ke Papua.

Tampung Tawar adalah ritual yang selalu dilakukan di acara suku Dayak yang diartikan cara mengucap syukur, mengharapkan berkah, serta menolak bala atau musibah.

Ritual ini merupakan rangkaian dalam upacara pelepasan 555 prajurit TNI terpilih dari Kalteng untuk melakukan operasi pengamanan PT Freeport Indonesia yang berlangsung di Halaman Yonif 631 Antang, Kamis, 30 Maret 2023.

"Tampung tawar kepada para prajurit terpilih yang akan melaksanakan tugas dimaknai sebagai ucapan syukur, mengharap berkah serta menolak bahaya yang mungkin terjadi pada para prajurit yang bertugas," ucapnya.

Upacara pelepasan pengamanan obyek vital nasional itu dipimpin Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono. Disampaikan bahwa PT Freeport Indonesia telah ditetapkan sebagai objek vital nasional yang wajib dilindungi.

Pasalnya, perusahaan ini memiliki nilai strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan merupakan sumber pendapatan kas negara.  (HENDRI/J)

Berita Terbaru