Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong PBS Beli BBM melalui Distributor Lokal, Ini Alasannya

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Maret 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong perusahaan besar swasta  (PBS) yang beroperasi di wilayah Kalteng ini agar dapat membeli BBM melalui distributor lokal.

Menurutnya, apabila PBS memnafaatkan distributor lokal dengan membeli BBM yang tersedia untuk operasional perusahaan maka pajak bahan bakar tersebut akan masuk ke Kalteng dan bukan daerah lain.

"Jika memebeli dari luar itu pajaknya akan masuk daerah lain bukan ke Kalteng. Jadi kamu menyarankan agar lebih dapat membeli di distributor lokal, sehingga pajaknya bisa masuk Kalteng," ujarnya, Jumat, 31 Maret 2023.

Dia menjelaskan, pajak bahan bakar salah satu sumber pendapatan daerah yang perlu dioptimalkan untuk pembangunan. Oleh karenanya, PBS maupun pengusaha agar dapat mendukung hal tersebut

Dikatakannya bahwa, dukungan semua pihak dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah (PAD) Kalteng ini sangat penting, terlebih PBS yang beroperasi, sehingga hal ini agar dapat menjadi perhatian bersama.

"Memang pada dasarnya pajak bahan bakar sudah menyatu dari harga bahan bakar itu sendiri, tapi yang menjadi persoalan distributornya dari mana, nah ini yang perlu dioerhatikan supaya lebih memanfaatkan diatributor lokal yang merupkan mitra pemda di Kalteng," jelasnya.

Dirinya berharap, PBS serta para pengusaha di provinsi ini agar juga dapat menjadi mitra pemda dalam berbagai hal, sehingga dengan begitu dapat sama-sama saling menguntungkan baik itu daerah maupun PBS itu sendiri.

"Intinya keberadaan PBS itu harus juga bisa memberikan keuntungan bagi daerah, jika membeli BBM dari luar maka daerah ini yg dirugikan, jadi ada baiknya memanfaatkan distibutor lokal," tegasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru