Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Gunung Mas Ajak Masyarakat Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

  • Oleh Riska Yulyana
  • 31 Maret 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar mengajak dan mengimbau kepada masyarakat setempat untuk mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Kami mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk aktivasi IKD ini ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)," ujar Akerman, Jumat, 31 Maret 2023.

Akerman menjelaskan, jika sudah mengaktivasi IKD tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir jika KTP nya tertinggal. Sebab, dalam aplikasi IKD sudah ada KTP digital yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja selagi ada koneksi internet.

"Selain itu, dalam IKD juga terdapat data keluarga dan juga dokumen kependudukan lain seperti KK dan lainnya," terang politisi PDIP tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Gunung Mas Barthel menjelaskan bahwa manfaat IKD yakni mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik dan juga mempermudah mengakses data keluarga.

Dia mengatakan, masyarakat bisa mengakses berbagai data dalam aplikasi IKD seperti KTP dan KK digital, vaksin Covid-19, nomor pokok wajib pajak (NPWP), data kartu kepegawaian virtual, data BPJS Kesehatan, dan daftar pemilih tahun 2024.

"Harapannya ke depan tidak ada lagi pencetakan fisik dari KTP elektronik, tidak ada lagi masalah KTP elektronik yang hilang atau tertinggal, dan tidak ada lagi fotocopy KTP elektronik untuk mengakses pelayanan publik," tandas Barthel. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru