Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Kecamatan di Katingan Mulai Kebanjiran Dampak Curah Hujan Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Maret 2023 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan sejak dua hari terakhir mulai kebanjiran sebagai dampak curah hujan tinggi.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Markus, Jumat, 31 Maret 2023 membenarkan adanya sejumlah wilayah kecamatan yang mulai kebanjiran itu.

Markus mengaku jika dirinya pada Kamis, 30 Maret 2023 kemarin turun langsung meninjau banjir di wilayah Kecamatan Katingan Tengah.

Pasalnya sejumlah desa di Katingan Tengah mulai kebanjiran akibat luapan Sungai Samba dan Sungai Katingan.

Meluapnya kedua sungai tersebut dikarenakan akhir-akhir ini curah hujan di sejumlah wilayah di Katingan tinggi.

Menurut Markus, selain wilayah Kecamatan Katingan Tengah, kecamatan lain yang juga mulai kebanjiran adalah Pulau Malan yang berada tepat di hilir dari Katingan Tengah yang juga dialiri Sungai Katingan.

Pun demikian wilayah Tewang Sanggalang Garing juga diinformasikan DAS (daerah aliran sungai) Katingan juga tengah pasang hingga ke wilayah Kecamatan Katingan Hilir.

Markus mengimbau kepada lapisan masyarakat terutana yang bermukim di bantaran Sungai Katingan agar selalu waspada.

Pasalnya di beberapa desa banjir sudah menggenangi permukiman warga. Namun demikian, kata Markus banjir yang menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Katingan Tengah hari ini berangsur menyurut.

Akan tetapi banjir kemudian bergerak ke wilayah hilir, termasuk Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing hingga Kecanatan Katingan Hilir.(ABDUL GOFUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru