Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Total Warga Kotim Keracunan Kue Ipau Khas Ramadan 33 Orang, Ini Langkah Dinkes

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 01 April 2023 - 04:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puluhan warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diduga mengalami keracunan kue ipau khas Ramadan yang dibeli dari pedagang yang berada di Jalan Usman Harun, Sampit.

Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan, pihaknya telah menerima informasi ada sekitar 33 orang yang diduga keracunan sejak 30 Maret 2023.

"Kami telah melakukan langkah pengambilan sampel sisa makanan dari pasien untuk diperiksa di Labkesda yang mana hasilnya akan keluar sekitar 3 sampai 5 hari kedepan," kata Umar Kaderi, Sabtu 1 April 2023.

Umar Kaderi juga meminta kepada warung yang bersangkutan untuk tidak menjual kue tersebut hingga hasil pemeriksaan keluar. Terpantau hingga saat ini korban yang mengalami keracunan terus bertambah.

"Warga yang keracunan makanan tidak hanya dari Sampit tetapi ada juga yang berasal dari Kota Besi, Cempaga, dan Antang Kalang," ungkap Umar.

Sementara itu, seorang kerabat korban bernama Aiman yang mengaku keracunan makanan saat dikonfirmasi di IGD mengaku bahwa korban dirujuk ke rumah sakit tadi sore karena sakit yang diderita semakin parah.

“Awalnya pada hari rRbu kemarin itu sudah ada gejala keracunan, lalu dirawat di puskesmas. Karena semakin parah maka dirujuk ke rumah sakit ini,” beber Aiman.

Hingga kini diketahui puluhan korban masih menjalani perawatan ruang IGD Rumah Sakit Dr. Murjani Sampit dan beberapa warga ada juga menjalani rawat jalan dirumah korban. (BUDDI RAHMAT H/J)

Berita Terbaru