Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Keracunan Massal, BBPOM Palangka Raya Sidak Pasar Ramadan Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 April 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangka Raya melakukan inspeksi mendadak di Pasar Ramadan Taman Kota Sampit, Sabtu, 1 April 2023.

Sidak Pasar Ramadan dilakukan setelah pengambilan sampel bahan baku salah satu pedagang kue ipau  di Kecamatan Baamang yang diduga menjadi penyebab keracunan massal.

BBPOM melakukan pengambilan sampel secara acak di pasar ramadan. Mereka juga menyosialisasikan kepada pedagang agar menggunakan pewarna makanan tak berlebihan.

"Pewarna makanan ini boleh digunakan tapi jangan terlalu banyak," kata Ketua Tim Sidak BBPOM Palangka Raya Wiwik Wiranti, ketika mengunjungi salah satu stand pedagang takjil.

Sebelumnya, terjadi keracunan massal setelah warga mengonsumsi wadai ipau yang dibeli dari salah satu pedagang di Kecamatan Baamang. Hingga kini korban keracunan wadai ipau mencapai 40 orang bertambah 7 orang dari laporan sebelumnya, Sabtu, 31 Maret 2023. Sementara itu 17 korban masih menjalani perawatan di RSUD dr. Murjani.

Akibat kejadian ini, BBPOM mempercepat kunjungannya ke Sampit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut sekaligus melakukan sidak pedagang makanan dan minuman di sejumlah titik daerah ini. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru