Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Polio Dengan Vaksin

  • Oleh Pathur Rahman
  • 02 April 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya drg Andjar Hari Purnomo mengajak seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk mencegah polio pada anak - anak.

Dikatakannya, adapun cara yang cukup ampuh mencegah polio pada anak adalah dengan mengikut sertakan anak dalam vaksinasi polio, yang bisa didapatkan masyarakat di UPT Puskesmas.

"Polio merupakan salah satu masalah kesehatan yang belum memiliki pengobatan hingga saat ini, namun tidak perlu khawatir, karena polio dapat dicegah dengan mengikuti porgy vaksinasi polio," Katanya, Minggu, 2 April 2023.

Lanjutnya vaksinasi polio sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu, vaksin polio tetes (OPV) dan vaksin polio suntik (IPV), vaksin polio tetes diberikan sebanyak empat kali pada usia 1, 2, 3, 4 bulan.

Sedangkan untuk polio suntik diberikan satu kali pada saat bayi berusia empat bulan, kepada anak yang belum mendapatkan imunisasi polio, harus segera dilengkapi status Imunisasi sebanyak lima kali imunisasi.

"Kepada orang tua yang anaknya lambat imunisasi polio atau belum lengkap tenang saja, karena pada dasarnya pemberian imunisasi polio dapat diberikan hingga usia lima tahun," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru