Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Joko Widodo: Koalisi Partai Politik Bukan Buatan Presiden

  • Oleh ANTARA
  • 02 April 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan sejumlah koalisi yang telah dibentuk oleh partai-partai politik bukan arahan dirinya sebagai kepala negara dan pemerintahan.

"Yang namanya pilpres (pemilihan presiden) itu urusannya partai atau gabungan partai, jangan Presiden itu di ikut-ikutkan, tapi sering ketua partai ini, dikit-dikit 'sudah direstui presiden', apa hubungannya Saya kadang-kadang mikir apa hubungannya Enggak ada hubungannya," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi Ramadhan yang digelar oleh PAN di Kantor DPP PAN Jakarta pada Minggu.

Hadir dalam acara Silaturahmi Ramadhan tersebut, Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta para tokoh partai politik lainnya.

Artinya ada dua koalisi hadir dalam silaturahmi tersebut yaitu Koalisi Indonesia bersatu yang dibentuk sejak 4 Juni 2022 dengan anggota Golkar, PPP dan PAN serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang terdiri dari Partai Gerindra dan PKB.

"Apalagi kalau datang ke saya dalam membangun koalisi, semuanya 'Sudah disetujui Presiden', urusannya apa saya membangun koalisi Mencalonkan seseorang" ungkap Presiden.

Namun, bila ada usulan soal nama calon presiden, Presiden Jokowi menyebut hal itu lumrah saja.

"Kalau saya ditanya saya jawab, 'Pak, Bapak setuju ndak Pak Prabowo jadi capres nya' Kalau saya ditanya saya jawab kalau saya setuju, saya ngomong setuju, kalau enggak ya enggak. Kalau setuju (ya) setuju, 'mantap gitu' (tapi) kalau saya ditanya, kalau enggak ditanya saya diam-diam saja," tambah Presiden.

Begitu pula dengan lahirnya dua koalisi yaitu KIB dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

"Bentuk KIB 'Wah itu dari Presiden.. itu yang..' siapa yang dari Itu KIB kan terbentuk karena pertemuannya Pak Airlangga, Pak Zul sama Pak Mardiono, baru datang ke saya 'Pak mohon restu'. Kalau saya ditanya itu, 'ya saya restui' sebetulnya hanya begitu-begitu, jadi bukan 'Oh anu ya bentuk KIB kayak gini', enggak pernah," jelas Presiden.

Sedangkan untuk penyatuan Partai Gerindra dan PKB, Presiden Jokowi mengaku sebagai "penyambung".

Berita Terbaru