Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Masuk Permukiman Warga Jalan Victoria Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 04 April 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seekor orangutan berukuran besar masuk ke permukiman warga di Jalan Victoria, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Selasa, 4 April 2023.

Orangutan berjenis kelamin jantan masuk dari hutan yang ada di belakang rumah warga. Kemudian orangutan tersebut memanjat pohon rambutan warga dan memakan rambutan hingga habis.

Pemilik rumah, Sakini mengatakan, orangutan tersebut masuk sejak pagi hari dan berkeliling di sekitar rumahnya.

"Awalnya itu dari belakang, terus memanjat pohon-pohon mencari makan. Makanya rambutan saya habis semua ini," katanya, Selasa, 4 April, 2023.

Dengan adanya keberadaan orangutan tersebut, dirinya merasa takut dan resah akibat besarnya ukuran orangutan dan khawatir dapat menyerang dan membahayakan nyawa anak-anak serta warga sekitar.

Dirinya mengaku telah melaporkan hal tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengevakuasi orangutan agar dapat dikembalikan ke habitatnya.

"Kami sudah melapor, tapi ini kami masih menunggu petugas untuk mengevakuasi, kami harap petugas dapat secara cepat, lugas dan tanggap dalam mengevakuasi orang hutan tersebut," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru