Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hasil Uji Puluhan Sampel Takjil Pedagang di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 April 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palangka Raya menguji puluhan sampel takjil yang dijual oleh pedagang di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

"Kami menyisir mulai dari arah Pasar Keramat, kemudian kami lanjutkan ke Pasar Alkamal, juga ada takjil yang di Jalan Ais Nasution. Terakhir tadi kami sampling juga di Pasar Ramadan di Taman Kota," kata Ketua Tim Kerja Bagian Informasi dan Komunikasi BBPOM Palangka Raya Astri Talenta Betaria, Selasa, 4 April 2023.

BBPOM Palangka Raya mengumpulkan 40 sampel takjil di wilayah ini. Kemudian melakukan uji parameter kimia di dalam mobil Laboratorium Keliling BBPOM yang terparkir di Taman Kota Sampit.

"Yang kami sampling terkait dengan 4 parameter uji kimia yang kita hasilnya sudah kita dapatkan. Hasilnya negatif semua," ujarnya. 

Semua sampel takjil menunjukkan hasil negatif saat uji parameter boraks, formalin, pewarna merah rhodamine b, dan pewarna kuning metanil yellow.

"Untuk uji mikrobiologi terkait higiene dan sanitasinya malam ini kami kerjakan kembali, tapi hasil baru bisa dapatkan besok," bebernya.

BBPOM Palangka Raya bersama Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur melakukan uji ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pasca terjadi keracunan massal yang menggemparkan daerah ini.

"Kami juga memberikan edukasi kepada edagang terkait bagaimana mereka menangani makanan mulai dari mengolahnya dan cara menyimpan atau display. Kemudian saat menyerahkan kepada pembeli juga tidak dengan langsung, tapi menggunakan penjepit atau sarung tangan," demikian. 

Sebelumnya, 84 orang mendapat perawatan dan 1 orang meninggal dunia karena keracunan kue ipau yang dibeli dari salah satu pedagang di Kecamatan Baamang. Dinkes Kotim memastikan kue ipau terpapar bakteri ecoli dan salmonella. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru