Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Gelar Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara untuk Pemilu 2024

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 April 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2024, Rabu, 5 April 2023. 

Ketua KPU Kobar, Chaidir, menjelaskan rekapitulasi hasil pencoklitan atau penguraian data pemilih oleh petugas pemakaian data pemilih sudah dilakukan, dan hasilnya telah direkap di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

"Hari ini secara serentak di masing-masing KPU di seluruh Indonesia hari ini menetapkan daftar pemilih sementara untuk Pemilu tahun 2024," jelas Chaidir.

Chaidir kemudian menjelaskan rincian jumlah pemilih di Kabupaten Kobar. "Jumlah pemilih sementara di Kobar adalah 198.486, terdiri dari 101.335 pemilih laki-laki dan 97.151 pemilih perempuan. Sementara jumlah TPS di Kobar mencapai 773, termasuk empat TPS khusus seperti Lapas dan di perkebunan sawit," jelas Chaidir.

Chaidir mengatakan, dalam kegiatan tersebut diakuinya terdapat sedikit dinamika terkait temuan yang terjadi di lapangan. 

"Misalnya ada warga yang belum tercoklit namun namanya dimasukkan dalam DPT. Karena itulah datanya kami pending. Kemudian ada beberapa temuan yang terjadi di lapangan yang belum kita selesaikan, maka nanti akan kita selesaikan pada proses selanjutnya yaitu daftar pemilih penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan. Setelah semua pendataan dan input sudah dianggap lengkap, proses selanjutnya kita akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) yang nantinya bakal dilaksanakan tanggal 21 Juni tahun 2023," jelas Chaidir.  (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru