Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Susun Riset GRS Sesuai Prioritas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 April 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi Program Pelayanan, Direktorat Penyaluran Dana pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Arfie Thahar mengatakan bahwa dalam menjalankan Program Grant Riset Sawit atau GRS setiap tahunnya, BPDPKS lebih dulu menyusun riset-riset yang menjadi prioritas sebelum diumumkan dalam Call for Proposal.

"Penyusunan riset prioritas ini dilakukan berdasarkan Roadmap Riset Kelapa Sawit 2016-2030 yang telah disusun sebelumnya," kata Arfie pada Kamis, 6 April 2023.

Menurut Arfie, roadmap Riset Kelapa Sawit ini akan selalu diupdate setiap tahunnya dan disesuaikan dengan hal-hal yang telah dicapai serta mengikuti tantangan dan hambatan pengelolaan kelapa sawit yang terus berkembang.

"Tahun lalu ada 46 usulan penelitian yang didanai oleh BPDPKS," tuturnya.

Usulan itu menurut Arfie berasal dari 18 Lembaga Penelitian dan Pengembangan yakni Universitas Syah Kuala, Pusat Penelitan Kelapa Sawit, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Univesitas Indonesia, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Institut Teknologi Indonesia, IPB University, Insitut Teknologi Bandung, Universitas Langlangbuana, Universitas Gadjah Mada, AKPY-STIPER, Institut Tekonologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universiatas Tadulako.

"Topik-topik penelitian yang didanai berorientasi pada peningkatan nilai tambah, peningkatan produktivitas, pengembangan pasar, dan pendapatan petani, antara lain pengembangan material baru berbasis sawit dan biomassanya dengan menghasilkan nilai tambah tinggi, seperti ekstraksi furfural, bioavtur, carbon black, biolubricants, dan oleochemical lainnya," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru