Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran di Pabrik Plywood Anjir Kapuas Timur

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 April 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pabrik plywood atau pengolahan kayu PT Kayu Lima Sejahtera di Desa Anjir Serapat Tengah, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas terbakar pada Minggu pagi, 9 April 2023.

Kurang lebih sekitar 3 jam petugas pemadam kebakaran gabungan dapat memadamkan api dan dilakukan pendinginan di pabrik tersebut.

Kapolsek Kapuas Timur, Iptu Eko Sutrisno membeberkan dugaan awal penyebab atau sumber api kebakaran di pabrik tersebut berdasarkan keterangan para saksi.

"Menurut keterangan saksi, diduga sumber api berasal dari tumpukan gabuk dan pada saat api sudah menyala blower pengisap serbuk belum belum beroperasi / belum hidup," kata Iptu Eko Sutrisno kepada wartawan.

Selain mengakibatkan 3 orang karyawan pabrik mengalami luka bakar hingga harus dilarikan ke rumah sakit, barang inventaris perusahaan PT Kayu Lima Sejahtera juga terbakar.

Di antaranya, kurang lebih 500 Krat plywood dengan berbagai jumlah pcs, satu buah blower pengisap serbuk sander, bahan setengah jadi (piner) kurang lebih 200 tumpukan.

"Kemudian tepung campuran lem untuk pembuatan Pliwud kurang lebih 700 karung. Untuk penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan," jelasnya.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 06.15 WIB itu sempat menggegerkan warga sekitar. Kepulan asap sempat terlihat dari kejauhan.

Api menghanguskan bagian dalam bangunan
pabrik, ditambah api sangat cepat membesar karena membakar banyak bagian dari kayu bahan plywood.

Upaya pemadaman kebakaran dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar) gabungan dari Kabupaten Kapuas dan Anjir Barito Kuala, Kalsel serta relawan.

Berita Terbaru