Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Lalul Lntas di Jembatan Sei Katingan Direncanakan Normal Mulai Hari Ini

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 April 2023 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Arus lalu lintas di Jembatan Sei Katingan, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan baik arah Sampit maupun Palangka Raya hingga Senin, 10 April 2023 pukul 10.30 WIB masih antre karena masih diberlakukan buka tutup jalan.

Dari pantauan media ini, arus lalu lintas di Jembatan Sei Katingan tersebut masih diberlakukan buka tutup. Arus lalulintas yang melintasi jembatan ini bergantian, jika yang arah Sampit jalan, kendaraan arah Palangka Raya berhenti.

Sejumlah petugas baik dari Satlantas Polres Katingan maupun Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan mengatur arus lalulintas yang lewat.

Sementara lantai jembatan baik segmen 5 dan segmen 6 sudah semuanya telah dilakukan pengecoran, dan sudah terlihat mukus rata dengan lantai segmen lainnya.

Rata-rata lama antrean kendaraan di Jembatan Sei Katingan ini sekitar 10 menit. Menurut rencana awal dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal  Bina Marga Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah Kalimantan Tengah bahwa pada tanggal 10 April 2023 hari ini adalah batas akhir sistem buka tutup jalan di Jembatan Sei Katingan.

Perbaikan ataupun pengecoran lantai jembatan segmen 5 dan segmen 6 sejauh ini sudah dilaksanakan. Lantai jembatan yang diperbaiki karena bolong tersebut kini sudah kembali rata, namun lantai jembatan yang diperbaiki tersebut tidak diaspal melainkan cor beton.

Dikonfimasi terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Roby menuturkan jika memang berdasarkan jadwal pihak Balai Jalan Nasional wilayah Kalteng, pemeliharaan dan perbaikan Jembatan Sei Katingan itu bakal berakhir tanggal 10 April 2023 hari ini.

"Iya benar jadwal pemeliharaan dan perbaikan Jembatan Sei Katingan berkahir hari ini, namun sampai siang ini kami masih belum mendapat informasi lebih kanjut dari pihak Balai Jalan Nasional wilayah Kalteng terkait uji coba jalan di Jembatan Sei Katingan tersebut," kata Roby.

Menurutnya, jika nanti hasil ujicoba tidak mengalami masalah, maka hampir dipastikan arus lalulintas di Jembatan Sei Katingan ini bakal normal seperti sebelumnya.

"Kita masih menunggu informasi, kemungkinan sore ini atau malam terkait ujicoba jalan di jembatan tersebut, dan misalnya dari ujicoba itu aman-aman saja, maka arus lalulintas bakal kembali normal," imbuh Roby. (ABDUL GOFUR/R)

Berita Terbaru