Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman Kakao Masuk Program Penyuluhan BPP Paju Epat 2024

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 April 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Penanaman kakao sebagai tanaman sela pada komoditas tanaman sawit termasuk di dalam usulan penyuluhan pertanian Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito untuk tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Paju Epat Lukmanul Chakim terkait hasil lokakarya penyusunan programa penyuluhan pertanian 2024 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Pada lokakarya penyusunan programa penyuluhan pertanian tersebut juga hadir Camat Paju Epat, Koordinator Penyuluh Pertanian Barito Timur, Pengurus Gapoktan se-Paju Epat, Ketua Kelompok Tani se-Paju Epat, POPT Paju Epat, Ketua KTNA Paju Epat dan Penyuluh Pertanian se-Paju Epat," ujarnya, Senin, 10 April 2023.

Menurut Lukman, programa penyuluhan pertanian merupakan rencana kegiatan penyuluhan pertanian yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah-masalah dan alternatif pemecahannya.

"Programa penyuluhan pertanian adalah perpaduan antara rencana kerja pemerintah dengan aspirasi pelaku utama, pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya yang disusun secara sistematis, sebagai alat pengendali pencapaian tujuan," terangnya.

Lukman menjelaskan, selain usulan penanaman kakao, pada lokakarya tersebut juga diusulkan pengembangan tanaman perkebunan sawit yang sudah ada.

"Semoga programa penyuluhan pertanian itu dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian tahun 2024 menuju pertanian yang lebih maju mandiri dan modern," harapnya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru