Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5.750 Vaksin Anti Rabies Disuntik ke Anjing di Kotawaringin Barat

  • 15 Maret 2016 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 5.750 vaksin anti rabies (VAR) telah disuntikkan ke anjing di Kotawaringin Barat (Kobar). Kini stok VAR yang masih tersisa di kantor Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kobar hanya berjumlah 250 vials.

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Distanak Kobar Hermantasana menjelaskan, karena sisa VAR saat ini hanya berjumlah 250 vials, maka pihaknya sejak  Januari 2016 lalu kembali meminta tambahan VAR lagi kepada Distanak Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saat ini staf kami sedang ke Palangka Raya uintuk mengambil sekitar dua ribu vials VAR. Tujuannya agar Kabupaten Kobar tidak sempat kehabisan VAR. Mengingat potensi rabies yang menulari anjing di wilayah kerja kita cukup rawan," jelasnya.

Karena faktor kerawanan itulah, lanjutnya, terkadang pihaknya melakukan booster atau penyuntikan ulang bagi anjing yang telah mendapatkan VAR.

"Bila kasus rabies tidak pernah terjadi di suatu tempat, standarnya penyuntikan vaksin hanya dilakukan satu kali salam setahun. Karena bahaya rabies di ytempat kita dianggap cukup mengkuatirkan, maka kita lakukan vaksinasi booster dengan tujuan agar daya tahan si anjing menjadi lebih kuat terhadap bahaya rabies," ujarnya.(WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru