Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPKP Kalteng Ingatkan Perlunya Pengawasan Program Penurunan Stunting

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 April 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalteng mengingatkan perlunya pengawasan program penurunan stunting.

“Kita sudah ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dalam hal ini perlu adanya pengawasan dan pengawalan oleh BPKP," ungkapnya  Kepala Perwakilan BPKP Kalteng, Bambang Ari Setiono di Ruang Rapat Bajakah, Selasa, 11 April 2023.

Pasalnya, lanjut dia, menyangkut program pemerintah dengan dana yang cukup besar dan harus dipertanggungjawabkan.

"Tidak hanya pertanggungjawaban keuangan tetapi juga program," timpalnya.

Bambang menjelaskan teknis evaluasi oleh BPKP yaitu menilai capaian pemenuhan kriteria yang ada antara lain pemenuhan 5 pilar percepatan penurunan stunting.

Meliputi pilar kebijakan dan intervensi serta sebagainya. Kemudian terkait dengan penyediaan anggaran baik dana Dana Alokasi Khusus (DAK), kesehatan, pendidikan, pertanian termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Selanjutnya, pembentukan TPPS dan pelaksanaan tugas, menilai intervensi program terkait ketepatan sasaran keluarga berisiko, menganalisis efektivitas dan efisiensi untuk pencapaian program penurunan stunting dan penyampaian rekomendasi. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru