Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Desa Mangkahui

  • Oleh Trisno
  • 12 April 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Sebanyak 12 kepala keluarga korban rumah kebakaran di Desa Mangkahui mendapatkan santunan uang tunai total Rp60 juta yang diserahkan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Sekretaris Dinas Sosial Jambi Tuah, dalam lapornanya mengatakan sebelumnya sehari setelah terjadinya kebakaran hebat pada tanggal (27/3) pihaknya segera bergegas pada tanggal 28 maret 2023 dimana Dinas Sosial bekerja sama dengan BPBD Murung Raya untuk turun ke lokasi kebakaran di Desa mangkahui menyerahkan paket bantuan.

“Dari Dinas Sosial ada 25 paket yang diserahkan hari itu oleh Wakil Bupati Rejikinoor didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Hermon serta jajaran SOPD atau yang mewakili, kemudian dari BPBD ada juga paket yang diserahkan termasuk dari IMK juga ada menyarahkan bantuan karena ini adalah ring nya IMK,” tutur Jambi Tuah.

Disebutkan Sekdis Sosial bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah berjumlah 60 juta tersebut akan dibagi Rp5 juta per pemilik rumah yang dan diharapkan bisa meringankan beban warga yang terkena musibah kebakarang itu.

“Sampai saat ini untuk jumlah uang bantuan yang masuk ke Pemerintah Desa mangkahui untuk korban kebakaran berjumlah 65 juta rupiah, sembako 420 paket, pakaian 22 paket, kelontongan 24 paket perlatan dapur rumah tangga itu 10 paket,” tuturnya.

Camat Murung menambahkan bahwasanya untuk totalan diatas itu diluar yang diserah oleh Pemerintah Daerah kepada korban kebakaran rumah pada hari ini.

Dan untuk kepengurusan Ijasah warga yang terbakar Camat mengatakan akan di urus oleh Dinas Pendidikan yang saat itu hadir juga hadir Ferdinand Wijaya Selaku Kadisdikbud dan untuk Kartu keluarga, akte dan data kependudukan lainnya akan diurus oleh Dinas Dukcapil Murung Raya yang saat itu juga hadir Kadisnya yaitu Regita.

Sementara, Bupati Murung Raya Perdie M.Yoseph meenyampaikan bahwa Pemerintah Daerah telah meletakan 1 unit pemadam kebaran di Kantor Camat Tanah Selatan dan telah mengintruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk memeta pemukiman warga yang rentan terjadi kebakaran.

“Seperti yang kita ketahui di Desa Mangkahui ini sudah empat kali terjadi kebakaran di daerah pemukiman padat penduduk, untuk itu perlu ditempatkan unit pemadam kebakaran agar saat terjadi kabakaran bisa ditangani dengan cepat,” tambah Perdie.

Bahkan Bupati mengarahakan agar membentuk tim khusus pemadam kebakaran di Desa Mangkahui yang diarahkannya kepada BPBD Murung Raya untuk memberikan pelatihan.

Disisi lain Perdie M. Yoseph mewakili Pemerintah Daerah Murung Raya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat dan seluruh pihak terkait yang telah turun tangan memberikan bantuan pasca kebakaran dan uluran bantuan dalam bentuk lainnya. (Trs)

Berita Terbaru