Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Musrenbang RKPD Kalteng Diharapkan Dapat Dorong Percepatan Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 April 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kalteng, Kamis malam, 13 April 2023.

Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diruang lingkup Pemprov Kalteng serta dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kalteng Abdul Razak.

Pada kesempatan itu, Abdul Razak selaku perwakilan legislatif Kalteng mengatakan Musrenbang RKPD tersebut sangat penting, dan diharapkan hasilnya dapat mendorong percepatan pembangunan daerah ini Kedepan.

"Musrenbang itu dilaksanakan untuk membahas hal-hal strategis yang berkaitan dengan arah pembangunan tahun 2024 mendatang, itu juga mengacu pada RPJMD Kalteng 2021-2026 yang telah ditentukan," ucap Razak.

Razak mengungkapkan ada beberapa isu strategis terkait pembangunan pada tahun 2024 yang akan dicanangkan atau diusulkan diantaranya seperti pengembangan kawasan sentra produksi pangan.

Kemudian, pengembangan sektor unggulan dan hilirisasi komoditas berbasis sumber daya alam (SDA), peningkatan pemenuhan pelayanan dasar, infrastruktur dasar, dan konektivitas serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Selanjutnya, peningkatan upaya mitigasi bencana, pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan antisipasi perkiraan resesi ekonomi global, penurunan angka stunting dan kemiskinan, serta penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Razak berharap, melalui Musrenbang RKPD Kalteng tersebut program-program yang diusulkan untuk tahun 2024 mendatang merupakan program prioritas dan strategis, sehingga pembangunan Kalteng dapat terintegrasi.

"Pembangunan terigtegrasi sangat perlu untuk mencapai keterpaduan antarwilayah, antarsektor maupun antarpelaku pembangunan itu sendiri. Harapan kita dari pembangunan itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah provinsi ini," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru