Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kewenangan Penanganan Jalan Harus Jelas

  • Oleh Donny Damara
  • 14 April 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Natalia mengharapkan kewenangan penanganan jalan yang mengalami kerusakan di wilayah Kalteng ini harus jelas, sebab sampai saat ini masih ada jalan yang statusnya belum jelas entah menjadi kewenangan kabupaten atau provinsi.

Natalia memgungkapkan, seperti contohnya di Desa Mahaloi, Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Disana terdapat jalan penghubung menuju jalan induk kabupaten, namun untuk statusnya masih belum ada kejelasan sampai sekarang ini, sehingga membuat penanganannya tidak berjalan dengan baik.

"Ketika kami melaksanakan reses beberapa waktu lalu ke desa tersebut, masyarakat setempat menyampaikan aspirasi terkait itu. Mereka menginginkan adanya kejelasan mengenai status jalan tersebut, agar penanganannya bisa maksimal," ucapnya, Jumat, 14 April 2023.

Natalia mengatakan, keberadaan jalan penghubung itu sangat penting bagi masyarakat di desa itu, dan apabila jalan tersebut mengalami kerusakan maka berbagai aktivitas sosial maupun perekonomian masyarakat akan terganggu, sehingga diharapkan bisa mendapat perhatian.

"Masyarakat menginginkan adanya kejelasan terkait penanganan jalan itu, karena selama ini memang masih belum jelas siapa yang harus bertanggung jawab memperbaikinya, dan jika memang kabupaten tidak sanggup baiknya dihibahkan saja ke provinsi, dan masyarakat pun menginginkan begitu," ujarnya.

Dirinya berharap, terkait penanganan jalan antara pemkab dan pemprov harus ada saling bersinergi atau koordinasi agar tekait penanganan jalan serta penetapan statusnya bisa jelas, dengan begitu ketika ada kerusakan dan jalan tersebut perlu ditingkatkan maka dapat segera dilaksanakan.

"Misalnya status jalan milik provinsi begitu juga kabupaten, apabila ada kejelasan maka bisa segera ditangani dan masyarakat pun bisa mengusulkan perbaikan itu kepada siapa yang berhak karena statusnya jelas. Ini yang kita harapkan, tidak hanya di Gumas, tapi juga terhadap jalan yang ada di wilayah Kalteng yang belum jelas statusnya," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru