Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kerja Sama Dengan Perguruan Tinggi untuk Mengembangkan Sejumlah Sektor

  • Oleh Donny Damara
  • 17 April 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Sengkon mendorong pemda di Kalteng ini untuk dapat meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi, guna mengembangkan sejumlah sektor seperti halnya pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

Dikatakannya, untuk mengembangkan sejumlah sektor itu pastinya memerlukan beberapa penelitian untuk meminimalisir kegagalan dalam pengembangannya, sehingga peran pakar atau dosen peniliti dari perguruan tinggi sangat diperlukan, maka dari itu pentingnya ada kerja sama tersebut.

"Contohnya di Palangka Raya, ada Universitas Palangka Raya atau UPR. Mereka bisa diajak kerja sama untuk mengembangkan sejumlah sektor itu, karena SDM di UPR ini baik dosen maupun pakar tidak kalah berkualitas dengan yang ada di perguruan tinggi lain di Indonesia," ucapnya, Senin, 17 April 2023.

Di UPR juga sebut dia terdapat program atau kejuruan yang berkaitan dengan sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan. Sehingga, dalam upaya mengembangkan potensi daerah terhadap sektor-sektor tersebut memerlukan peran dari Universitas tersebut.

"SDM lokal kita harus dapat dimanfaatkan atau diajak kerja sama untuk membangun daerah ini, kita meyakini UPR akan terbuka dalam membantu pemda di Kalteng. Tinggal hanya bagaimana pemda melakukan pendekatan dan meningkatkan kerja sama itu," tuturnya.

Dirinya berharap, kedepan Kalteng ini mampu mewujudkan ketahanan pangan tidak hanya bagi daerah tapi juga secara nasional melalui beberapa sektor misalnya pertanian, peternakan, dan perikanan. Oleh sebab itu, potensi SDM yang ada di Kalteng ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

"Memanfaatkan disini artinya untuk kebaikan daerah atau bersama membangun daerah, maka peran baik perguruan tinggi harus dimaksimalkan. Kerja sama juga tidak sebatas untuk mengembangkan sektor-sektor tersebut, tapi juga untuk mengembangkan SDM di daerah," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru