Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Soroti Mangkraknya Blok Pasar Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 April 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang menyoroti sejumlah blok di komplek Pasar Kasongan saat dirinya bersama sejumlah dinas terkait melakukan inspeksi mendadak atau sidak harga kebutuhan pokok jelang Idulfitri 1444 Hijriyah, Senin, 17 April 2023.

Orang nomor dua di Bumi Penyang Hinje Simpei ini sempat berbincang dengan sejumlah pedagang di pasar tersebut. Saat itu, sejumlah pedagang menyampaikan kepada Wakil Bupati Sunardi Litang soal kosong/mangkraknya sejumlah blok pasar yang notabene blok-blok di komplek pasar tersebut milik pemerintah daerah setempat. 

"Saya kecewa melihat kondisi blok pasar saat ini, sebab banyak yang kosong. Saya minta dinas terkait melakukan pendataan ulang terhadap penyewa toko. Jangan sampai disewakan kembali dengan nilai tinggi dari sewa awal," ungkap Wabup Sunardi Litang saat melaksanakan peninjauan pasar di Kota Kasongan.

Menurutnya, adanya evaluasi terkait sejumlah blok yang kosong itu agar bangunan pasar milik Pemkab Katingan dapat dimanfaatkan bangunannya dengan disewa oleh para pedagang yang selalu buka toko. 

"Kalau tak buka toko maka diserahkan saja ke dinas atau OPD yang mengelola pasar ini," tegasnya

Ia berharap, para pedagang dapat lebih serius mengelola usahanya, sehingga kedepan dapat lebih maju dan berkembang. "Bukan pasar disewa dari Pemkab Katingan, kemudian disewakan kembali dengan orang lain dengan peningkatan harga sewa toko milik tanpa melalui dinas pengelola," ucapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdangan Katingan, Henny mengakui jika tidak sedikit warga yang ingin menyewa blok pasar tersebut.  Terkait permintaan Wabup Sunardi Litang agar penyewa blok pasar dilakukan pendataan kembali, Henny mengaku jika dirinya menindaklanjuti usulan Wabup Sunardi Litang tersebut. (ABDUL GOFUR/Y)

Berita Terbaru