Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres dan Kadishub Kobar Cek Arus Mudik Jelang Lebaran 2023

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 19 April 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapolres dan jajarannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan pengecekan terhadap jalan arus mudik lebaran tahun 2023 di wilayah tersebut. 

"Hari ini saya bersama pak Kadishub memantau jalan arah Pangkalan Bun menuju arah Kotawaringin Lama (Kolam) yang menghubungkan ke Sukamara. Karena akhir-akhir ini dapat dikatakan banyak terjadi permasalahan di jalan-jalan yang sedang ditingkatkan," ujar Kapolres Kobar, AKBP Bayu Wicaksono, Rabu, 19 April 2023. 

Meskipun begitu, ia menjelaskan bahwa arus mudik dari Pangkalan Bun menuju Kotawaringin Lama dan menghubungkan ke Sukamara aman dan terkendali. 

"Alhamdulillah tadi kita mengecek arus lalu lintas lancar, memang sistemnya diberlakukan buka tutup di beberapa tempat artinya buka tutup itu bergantian ya, ada memang satu jalur itu digunakan untuk dua arah dari Kolam maupun Pangkalan Bun. Oleh karena itu harus ada yang bersabar disana suda ada petugas, kita sangat terbantu dan juga saya sama pak Kadis tadi mengecek progres dari pada pekerjaan jalannya," jelasnya. 

Dengan adanya pengecekan tersebut, Kapolres Kobar menyampaikan agar pihak ketiga atau instansi terkait dapat ikut mempersiapkan untuk menangani permasalahan yang terjadi seperti mobil terjerembat sehingga menyebabkan macet di jalan tersebut. 

Kemudian disediakan juga sarana prasarana seperti alat berat untuk membantu mengevaluasi apabila adanya kendaraan bermasalah yang dapat menimbulkan macet panjang di arah jalan tersebut. 

"Ini sudah bagus, penyiapannya sudah sangat baik tinggal kita harus bisa memastikan Kapolres, Pj Bupati, dibantu Kadishub dan anggota polres,stand by (siap siaga). Jadi sewaktu-waktu keberadaan kita bisa terus memberikan keamanan, sejauh ini sinergi kita sudah sangat baik," ujar Kapolres Kobar. 

"Dan dari pemprov dibantu oleh pemkab disini juga sudah diberlakukan ya H-5 sampai H+5 kendaraan yang  roda enam ke atas ini harus melalui  jalur alternatif yaitu melalui Lamandau, ini juga sangat bagus antisipasi kita," tambahnya. 

Ia menyampaikan jika personel yang disiapkan dari Polri sebanyak 6 personel untuk memantau lalu lintas serta dibantu juga oleh petugas Dishub Kobar. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan satu pos untuk memastikan lalu lintas berjalan dengan baik dan lancar. 

Kepala Dinas Perhubungan Kobar, Amir Hadi menyampaikan bahwa kelancaran jalur arus mudik bagi masyarakat lebih diutamakan sehingga mengurangi risiko terjadinya kemacetan dan sebagainya. 

Berita Terbaru