Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Lepas Pawai Takbir Idulfitri di Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 April 2023 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar, melepas Pawai Takbir Idulfitri 1444 Hijriyah di Tamiang Layang, Jumat, 21 April 2023.

Acara yang berlangsung meriah itu dimulai pukul 20.30 WIB dan diikuti oleh belasan kelompok pawai dari berbagai masjid dan langgar. Masyarakat pun antusias menonton pawai tersebut dengan berjejer di sepanjang Jalan A Yani Tamiang Layang.

Pelepasan pawai takbir dilakukan Sekda dengan memukul bedug dan mengibarkan bendera start

Turut hadir acara tersebut Kapolres dan Wakapolres Barito Timur, Ketua Panitia Hari Besar Islam atau PHBI, perwakilan Kantor Kementerian Agama Barito Timur, kepala perangkat daerah terkait dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya sebelum melepas pawai itu Sekda mengatakan, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa, umat Islam di seluruh dunia termasuk di Barito Timur merayakan kemenangan dengan sukacita dan gema takbir, tahmid serta tahlil.

"Pada malam hari ini kita bersama-sama kembali melaksanakan pawai takbir setelah sekian tahun tidak melaksanakan akibat wabah covid-19, selain itu sekarang alhamdulillah kita sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa namun masih perlu waspada dan hati-hati, mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan oleh Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.


Panahan menjelaskan, pawai takbir merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Barito Timur pada malam lebaran. Dia berharap tradisi pawai takbir  itu dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, bukan hanya antar sesama muslim, namun juga dengan umat beragama yang lain.

"Kegiatan ini kiranya menjadi sarana efektif untuk membina hubungan yang harmonis antar umat Islam dan juga dengan umat beragama lain, serta dengan pemerintah sekaligus menghasilkan komitmen baru untuk senantiasa mendukung berbagai kebijakan dan program kerja Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang kita cintai ini," harap Panahan.

Dia mengatakan, esok pagi umat Islam juga akan merayakan Idulfitri 1444 Hijriyah yang diikuti pelaksanaan salat Idulfitri di masjid, langgar dan di lapangan terbuka yang merupakan tanda rasa syukur atas kemenangan sebulan berpuasa.

Karena itu tidak lupa, atas nama Pemkab Barito Timur Panahan menyampaikan ucapan selamat hari raya Idulfitri kepada seluruh umat Islam di Barito Timur.

"Selamat hari raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriyah, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Di penghujung pawai takbir Sekda dan beberapa pejabat yang mendampingi, menyerahkan piala dan uang pembinaan bagi juara I hingga juara harapan III peserta pawai dengan penampilan terbaik. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru