Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebih Dari 1.800 WNI di Thailand Rayakan Idul Fitri

  • Oleh ANTARA
  • 22 April 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Lebih dari 1.800 warga negara Indonesia (WNI) dari berbagai wilayah di Thailand mengikuti takbir dan tahmid yang dilantunkan menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri di lapangan sepak bola Kedutaan Besar RI di Bangkok, Sabtu.

Dalam keterangan tertulisnya, KBRI mengatakan shalat Id dipimpin oleh Muhammad Hosnan dengan khatib Engkos Kosasih, yang datang dari Indonesia untuk melakukan pembinaan rohani, dakwah, dan pengajaran singkat Bahasa Arab bagi masyarakat Indonesia di lingkungan Masjid As-Syafier KBRI Bangkok selama bulan suci Ramadhan.

Dengan tema khutbah “Tingkatkan Rasa Syukur Kembali Menikmati Hari Kemenangan, Idul Fitri dalam Situasi Lebih Normal”, khatib menyampaikan bahwa Ramadhan adalah bulan pembinaan umat secara jasmani, rohani, individual, dan sosial untuk menuju pribadi yang bertakwa.

Dia mengatakan seluruh ritual puasa dan shalat malam selama Ramadhan menjadi wahana pencucian jiwa untuk kembali kepada kesucian, dan Idul Fitri menjadi wahana refleksi rasa syukur.

“Syukur karena melewati Ramadhan tahun ini tanpa pandemi COVID-19, syukur karena suasana negeri aman dan tenteram, syukur karena ikatan sosial bangsa kembali menguat dengan budaya meminta dan memberi maaf di hari Lebaran, serta syukur karena jalinan kebersamaan keluarga semakin kokoh berkat pendidikan selama Ramadhan,” katanya.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia Thailand Rachmat Budiman mengucapkan terima kasih kepada semua WNI di Bangkok yang senantiasa mendukung berbagai kegiatan KBRI.

Dia juga mengatakan bahwa KBRI Bangkok akan selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat Indonesia guna meningkatkan mutu pelayanan dan perlindungan WNI.

Setelah shalat Id, kegiatan lain yang sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia di Thailand adalah gelar griya untuk bersilaturahim dan halal bihalal, menurut keterangan KBRI.

Untuk mengobati kerinduan akan suasana Lebaran di tanah air, KBRI Bangkok menyediakan sajian khas seperti nasi, lontong, rendang, sayur godok, semur ayam dan tahu, serta telur balado hijau. Berbagai makanan ringan seperti sosis solo, lapis surabaya dan es krim nong-nong juga dihidangkan untuk masyarakat Indonesia yang hadir.

Bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Thailand, shalat Id di gedung perwakilan RI menjadi pelengkap perayaan Lebaran.

Berita Terbaru