Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kobar Tingkatkan Pengamanan Kawasan Pelabuhan pada Arus Balik

  • Oleh ANTARA
  • 26 April 2023 - 06:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Bayu Wicaksono menyatakan, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait meningkatkan pengamanan kawasan pelabuhan dan tempat yang menjadi pusat kedatangan pemudik pada arus balik Lebaran 1444 Hijriah.

"Totalnya, kami libatkan 140 personel gabungan untuk mengamankan kedatangan pemudik saat arus balik Lebaran 1444 Hijriah. Seluruhnya personel gabungan itu ditempatkan di delapan posko pengamanan," kata Bayu, Selasa 25 April 2023.

Posko itu didirikan di beberapa titik, seperti terminal, pelabuhan, bandara, dan titik-titik kedatangan pemudik lainnya serta pusat keramaian di Kotawaringin Barat.

Bayu menerangkan, ke-140 petugas gabungan yang disebar ke berbagai posko mudik Lebaran 2023 terdiri dari 62 personil Polri. Sementara sisanya dari personil dari instansi lain seperti TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kobar.

Dia menyampaikan, delapan pos tersebut disiapkan pihaknya yaitu bertujuan untuk memantau dinamika masyarakat dan dinamika Kamtibmas agar selalu kondusif.

"Contoh ada pembuatan pos pantau di Desa Karang Mulya yang berada di Kecamatan Pangkalan Banteng, itu kami tempatkan sebagai langkah antisipasi dalam tindak pidana yang berpotensi terjadi di sana, seperti pencurian, kekerasan dan yang lainnya," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya menyiapkan pos di Simpang Sulung, tepatnya di Kecamatan Pangkalan Lada, didirikan pos di daerah tersebut, sebagai antisipasi pihaknya dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

"Pos di Simpang Sulung itu sebagai antisipasi kami untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sehingga dengan harapan pengendara apabila melihat pos tersebut ataupun petugas di sana, bisa mengatur kecepatan kendaraannya," katanya.

Kapolres berharap dengan adanya posko Lebaran ini, pemudik bisa merasa aman dan nyaman saat di perjalanan mudiknya dan bisa berkumpul dengan keluarga dengan rasa bahagia di Hari Raya Idul Fitri.

"Silahkan mampir ke Posko Lebaran yang tersedia saat merasa capek, lelah atau ngantuk demi kenyamanan dan keselamatan bersama," katanya.

Selain melakukan pengamanan di Posko Lebaran, sejumlah personel juga melakukan patroli. Tujuannya mengantisipasi dan meminimalkan potensi tindak kriminal yang terjadi di kawasan rawan, terutama saat momen mudik berlangsung.

ANTARA

Berita Terbaru