Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gunung Mas Ajak Lembaga Keagamaan Cegah Stunting dari Hulu kepada Calon Pengantin

  • Oleh Riska Yulyana
  • 29 April 2023 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing ajak lembaga keagamaan setempat untuk bersama-sama mencegah stunting dari hulu yakni kepada calon pengantin/calon pasangan usia subur (PUS).

Pihaknya perlu bekerja sama dengan lembaga keagamaan untuk mencegah stunting lantaran calon pengantin pasti akan mendatangi mereka jika akan menikah.

"Kami ingin bersinergi dengan lembaga keagamaan supaya calon pengantin sebelum menikah bisa kita bina dulu, kita beri konsultasi, pemeriksaan kesehatan," ujar Efrensia, Sabtu, 29 April 2023.

Saat pihak lembaga keagamaan melihat sang calon pengntin belum siap untuk menikah apa lagi dari segi usia dan tidak ada kondisi yang mendesak, Efrensia mengimbau agar pasangan tersebut untuk menunda penikahannya.

Tujuannya agar calon pengantin bisa mempersiapkan diri terlebihh dahulu, termasuk dari segi usia yang berkaitan dengan kesiapan kesehatan dan alat reproduksi sehingga nantinya bisa melahirkan anak yang sehat dan bebas stunting.

"Karena stunting itu kondisi yang tidak baik untuk anak-anak sehingga kita perlu mencegahnya dari hulu yaitu dari calon pengantinnya dulu, jadi calon pengantin harus sehat dulu," papar Efrensia.

Efrensia berharap, dengan bekerja sama dengan lembaga keagamaan di Kabupaten Gunung Mas bisa memberikan pemahaman kepada calon pengantin atau pasangan usia subur untuk mencegah stunting yang dimulai dari kesehatan sang ibu. (RISKA YULYANA/R)

Berita Terbaru