Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaksa Minta Tolak Eksepsi Terdakwa Pemalsuan Surat

  • Oleh Apriando
  • 02 Mei 2023 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta kepada majelis hakim untuk menolak eksepsi atau keberatan yang diajukan oleh Mahdianor, selaku Penasihat Hukum terdakwa Madi Goening Sius dalam perkara pemalsu surat atau pengguna surat verklaring palsu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Januar Hapriansyah saat membacakan pendapat atas eksepsi atau keberatan Penasihat Hukum Terdakwa Madi Goening Sius pada Sidang di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Selasa, 2 Mei 2023

"Dimana dalam eksepsi tidak memasukkan fakta-fakta itu, jadi dia keluar dari konteks. Sehingga itu alasan kami sangat kuat meminta Majelis Hakim menolak eksepsi dari penasihat hukum terdakwa," Kata Januar usai persidangan berakhir.

Januar menegaskan, dakwaan yang disusun oleh pihaknya tidak bersifat fiksi, melainkan didasarkan pada fakta hukum yang terdapat pada berkas perkara. 

Dakwaan tersebut, lanjutnya, disusun secara sistematis dengan mempertimbangkan peristiwa pidana yang terjadi dan unsur-unsur yang ada pada Pasal di undang-undang yang berlaku.

"Semua detail, termasuk waktu, tempat kejadian perkara, siapa saja yang terlibat, dan bagaimana caranya, dijelaskan secara detail dalam surat dakwaan," jelasnya.

Sementara itu, Penasihat Hukum Mahdianor mengatakan, pihaknya menyikapi dan beranggapan sangat wajar dan rasional. Namun, fakta hukum dalam surat dakwaan tersebut telah mempidanakan kliennya 

"Kami mengurai berdasarkan fakta dalam surat dakwaan melalui keberatan kita dalam eksepsi yang mana menurut kami analogis" Ujarnya.

Menurutnya, Jika Eksepsi terdakwa Madi Goening Sius ditolak pihaknya telah mempersiapkan diri dilanjutkan ke pokok perkara. (APRIANDO/H)

Berita Terbaru