Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Dapat Jalankan Empat Kunci Untuk Turunkan Angka Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Mei 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dalam menurunkan angka stunting di desa, kepala desa di Kabupaten Sukamara dapat melaksanakan empat kunci dalam mempercepat penurunan angka stunting diwilayahnya.

"Ada empat kunci bagi kepala desa dalam mengatasi percepatan penurunan angkatan stunting," kata Wabup Sukamaran, Ahmadi pada monitoring dan evaluasi program percepatan penurunan stunting, Rabu, 3 Mei 2023.

Pertama adalah data balita yang mendapatkan PKH, kemudian kriteria balita saat pengukuran di bawah garis merah yang mendapatkan PKH dan yang tidak mendapatkan PKH.

"Keluarga yang memiliki balita stunting yang mendapat bantuan pangan non tunai, terakhir PMT yang bersumber dana DAK Kementerian Kesehatan melalui Puskesmas," ujarnya.

Dalam penggunaan dana Kementerian Kesehatan tersebut kepala desa harus aktif memantau dana DAK atau PMT yang dibantu oleh kader PKK, TPK, PLKB berapa yang akan diterima oleh desanya.

"Dalam percepatan penurunan stunting, desa agar dapat memanfaatkan dana desa untuk peningkatan SDM dan operasional tenaga di lapangan seperti kader posyandu, kader BKB, kader PPKDB dan kader Dashat," ucapnya.

Sehingga program-program yang sudah dibentuk dapat berjalan dan bermanfaat bagi penanganan penurunan stunting. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru