Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

China Dukung Suriah Kembali Bergabung Dengan Liga Arab

  • Oleh ANTARA
  • 09 Mei 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Beijing - China menyampaikan ucapan selamat dan mendukung penuh Suriah yang telah diterima bergabung kembali dengan Liga Arab.

"China selalu mendukung negara-negara Arab dalam mempererat persatuan dan secara aktif mendukung Suriah untuk kembali bergabung dengan Liga Arab," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Senin.

Dukungan tersebut, jelas dia, telah dilakukan China dengan melibatkan berbagai pihak dalam berbagi saluran dialog.

Utusan khusus China untuk urusan Timur Tengah Zhai Jun pada April telah melakukan kunjungan ke Suriah untuk membicarakan dan memfasilitasi Suriah agar bisa kembali menjadi negara anggota Liga Arab.

"Baru-baru ini China mengirimkan satuan tugas ke negara-negara Arab untuk mendiskusikan lebih lanjut kembalinya Suriah ke Liga Arab," kata Wang dalam pengarahan pers rutin tersebut.

Atas undangan anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Qin Gang, Menlu Suriah Faisal Mekdad akan melakukan kunjungan ke China dalam waktu dekat.

"Sebagai sahabat setia Suriah dan negara-negara Arab lainnya, China menyambut positif dan akan selalu mendukung solidaritas Arab," kata Wang.

Keanggotaan Suriah di Liga Arab ditangguhkan pada 2011 seiring dengan pecahnya perang sipil yang menewaskan lebih dari setengah juta orang. 

ANTARA

Berita Terbaru