Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Konsepkan Tradisi Betawakan Ramah Lingkungan

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Mei 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Agar tidak mencemari lingkungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara akan membuat konsep tradisi Betawakan di Sungai Jelai yang dilakukan setiap menyambut hari besar umat Islam menjadi ramah lingkungan.

Sehingga tradisi yang sudah berjalan sejak bertahan-tahun tersebut tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan kedepannya.

Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi bahwa bahan yang digunakan untuk Betawakan saat ini adalah plastik, sehingga hal tersebut perlu dipikirkan agar tidak mencemari lingkungan.

"Penggunaan plastik ini harus diganti menggunakan yang ramah lingkungan agar tidak menjadi sampah dan mencemari lingkungan Sungai Jelai, itu yang perlu dikonsep seperti apa panitia menyiapkannya," ucap Ahmadi, Selasa, 9 Mei 2023.

Menurut Ahmadi, pemerintah pemerintah daerah akan mengagendakan Betawakan menjadi kegiatan rutin bagi masyarakat Bumi Gawi Barinjam, dimana Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara bisa bekerjasama dengan pihak Panitia Hari Besar Islam (PHBI) setempat untuk pelaksanaan kegiatan.

"Karena budaya betawakan ini biasa dilakukan warga saat perayaan hari raya Idul Adha dan Idul Fitri maka dinas bisa bekerjasama dengan PHBI untuk pelaksanaannya," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru